Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kab. Pakpak BharatBAPPEDA
Memacu Pembangunan Infrastruktur dan Ekonomi Untuk Meningkatkan Daya Saing Daerah
Berita
Rabu, 22 Desember 2021

Bappelitbangda Bersama BPTP Sumatera Utara Paparkan Seminar Hasil Potensi Produksi Katekin Gambir Pakpak Bharat

Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Pakpak Bharat bersama dengan tim peneliti Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatera Utara mengadakan Seminar Hasil di aula Bappelitbangda Kab. Pakpak Bharat (21/12/21).

Penelitian yang bekerjasama dengan BPTP Sumatera Utara ini telah dimulai sejak awal September 2021 dan saat ini telah memasuki tahap akhir. Penelitian ini akan bermanfaat untuk mengkaji sejauh mana potensi produksi Katekin Gambir yang ada di Kabupaten Pakpak Bharat. Pada forum ini dipaparkan dokumen hasil yang telah didapat dari penelitian atau riset dilapangan dan laboratorium yang selama kurang lebih tiga bulan ini telah dilaksanakan. Pada saat berlangsungnya acara, banyak masukan dan pendapat dari para petani, pelaku industri Gambir, Para Penyuluh dan Perumda PAL yang selama ini merekalah yang menekuni industri gambir di Kabupaten Pakpak Bharat.

Industri tanaman daun gambir yang selama ini dilakukan masih menjual gambir dalam bentuk Gambir asalan atau berbentuk biji, belum diproduksi sampai kepada tahap gambir antara atau yang disebut dengan Katekin. Untuk itu Forum Seminar ini telah sepakat bahwa ada nilai tambah yang harus ditingkatkan dalam industri ini. Petani Pakpak Bharat menjadi pertama yang harus mendapatkan nilai tambah dari potensi produksi gambir nantinya.

Penelitian yang di jadwalkan selama 4 bulan ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kandungan katekin dalam daun gambir, Menjelaskan dan membuat alur kerja proses ekstraksi gambir kering menjadi katekin gambir, mengetahui potensi produksi katekin gambir, mengetahui analisis usaha katekin gambir dan menyusun Road Map Pengembangan Katekin Gambir di Kabupaten Pakpak Bharat.

Seminar hasil yang telah dilaksanakan pada, Selasa 21 Desember 2021 bertempat di Aula Bappelitbangda, menghadirkan seluruh stake holder yang berkaitan dengan tanaman Gambir, dari Pemerintahan di tingkatan Kabupaten Pakpak Bharat, Perumda PAL, para Petani dan pelaku UMKM Gambir, Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dan Para Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) se-Kabupaten Pakpak Bharat


Copyright © 2022 Kabupaten Pakpak Bharat. All Right Reserved