Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kab. Pakpak BharatBAPPEDA
Memacu Pembangunan Infrastruktur dan Ekonomi Untuk Meningkatkan Daya Saing Daerah
Berita
Kamis, 10 Maret 2022

Inovasi Daerah Membuat Move On Dari Keterbatasan

Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat mengadakan rapat kordinasi pembinaan Inovasi Pemerintah Daerah di Aula Bappelitbangda, Kamis, 10/03/2022.

Bertepatan akan berlangsungnya penilaian Inovasi Daerah yang akan di input pada Indeks Inovasi Daerah (IID) yang akan diperlombakan di Inovative Government Award (IGA) Tahun 2022, Bappelitbangda sebagai Inisiator Peningkatan Inovasi Daerah di lingkup Kabupaten Pakpak Bharat mengadakan kordinasi kepada OPD untuk merencanakan dan merancang Program Inovasi di OPD masing-masing.

Acara yang berlangsung dari pagi hari dibuka langsung oleh Sekretaris Bappelitbangda, dengan mengharapkan forum selalu aktif dan menyampaikan seluruh rencana Program Inovasi yang akan diterapkan mulai dari tahun ini. "Saya berharap melalui forum ini seluruh peserta dapat mengeksplore segala bentuk inovasi yang digagas dan telah berlangsung tahun berjalan di OPD" Ujar Sekretaris Badan Friska Bakara

Forum yang dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan menyampaikan bahwa program Inovasi yang akan dilaksanakan maupun direncanakan tidak semerta-semerta dianggarkan melainkan ada program Inovasi yang bisa memanfaatkan potensi sumber daya yang telah ada. "Program Kegiatan yang di usulkan pada program RKPD diharapkan juga mampu dirancangkan sebagai bentuk inovasi namun dapat juga dirancang untuk meminimalkan anggaran atau tanpa menggunakan Anggaran". Ujar Kepala Bidang Litbang, Marudut Anakampun.

Paparan yang disampaikan oleh Kasubbid Inovasi, Deli Banurea menjelakan bahwa ada 3 bentuk Inovasi yang tertuang di PP no. 38 tahun 2017 yaitu: Inovasi tata kelola Pemerintah Daerah, Inovasi Pelayan Publik, dan Inovasi Daerah lainnya yang sesuai urusan Pemerintah. Namun yang menjadi perhatian dan mendapatkan poin tertinggi pada penilaian Indeks yang ada selama ini adalah Inovasi Daerah dalam bentuk Pelayan Publik. Tentunya sangat diharapkan kepada seluruh OPD untuk mempedomani Bentuk Inovasi dan dapat melaksanakannya.

Sebelum mengakhiri acaranya, panitia mengadakan Kuis, untuk menyemangati peserta yang hadir dan besar haparannya acara  agar ASN Kabupaten Pakpak Bharat untuk Profesional dan meningkatkan daya inovatif yang ada didalam lingkup kerja masing-masing.


Copyright © 2022 Kabupaten Pakpak Bharat. All Right Reserved