Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian Dan Pengembangan Daerah Kab. Pakpak BharatBAPPELITBANGDA
Memacu Pembangunan Infrastruktur dan Ekonomi Untuk Meningkatkan Daya Saing Daerah
Berita
Selasa, 27 September 2022

Upaya Pemkab Dalam Peningkatan Produksi Pertanian Disambut Baik Para Petani Kabupaten Pakpak Bharat

Menindaklanjuti pertanian terpadu, Kepala Bappelitbangda Kab. Pakpak Bharat membuka kegiatan sosialisasi hasil uji sampel tanah di Balai Desa Ulumerah, Kec. STTU Julu, Selasa 27/09/22.

Kepala Bappelitbangda yang diwakili oleh Friska Imelda Bakkara, SKM. menyambut baik kehadiran langsung Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP Sumut) Dr. Khadijah El Ramija Lubis dan Dr. Siti Mariam sebagai narasumber. Sosialisasi yang di moderatori oleh Kabid Litbang Marudut Parsaroan Anakampun ST. MM. Merupakan bagian dari tugas bidang Litbang untuk memaparkan hasil uji sampel tanah yang telah selesai dilaksanakan bersama BPTP Sumut. Ada sebanyak 60 sampel tanah yang diuji/diteliti pada awal Bulan Agustus lalu, bertujuan mengetahui secara objektif kadar unsur tanah, tanaman apa dan bagaimana upaya peningkatan produksi pertanian yang dapat di optimalkan dilokasi pertanian terpadu Kab. Pakpak Bharat.

Turut hadir Kabid Dinas Pertanian, Perwakilan Kecamatan, Kepala Desa Ulumerah, Tokoh Masyarakat, koordinator PPL, PPL dan Para Petani yang tanahnya dijadikan sampel tersebut. Kepala Desa Ulumerah Marudut Berutu dalam sambutannya mengatakan mari kita sama sama mendengarkan dan mencermati apa yang di sampaikan narasumber dari BPPT Sumut , karena ini sangat berguna bagi kita masyarakat Ulumerah karena kita mayoritas Petani. "Kiranya sosialisasi ini bisa menambah wawasan kita sebagai petani yang maju dan handal" Tutup Marudut.

Sementara Sekretaris Bapelitbang Pakpak Bharat Friska Imelda Bakkara S.KM  mengatakan Terimakasih kami ucapkan kepada Ibu Ketua BPPT Sumut dan rombongan yang sudah memberikan pencerahan kepada kami khususnya Masyarakat Petani yang ada di Desa Ulumerah ini dan terimakasih juga buat seluruh masyarakat Desa Ulumerah yang berkenan hadir. "Harapan kami kiranya penyampaian informasi dari narasumber bisa meningkatkan semangat petani dan memperbaiki hasil pertanian yang lebih baik lagi, semoga sosialisasi sampel Tanah ini bisa menambah Ilmu petani tentang kadar Tanah yang kita olah" Tutup Sekban.

Sementara Kabid Ketahanan Pangan Pakpak Bharat Duma Purba mengatakan kita semua yang hadir disini memberikan hati dan Pikiran kita agar semua ilmu yang di sampaikan narasumber dari BPPT Sumut bisa kita serap masing masing. "Dengan adanya sosialisasi ini kiranya masyarakat desa Ulumerah bisa mengetahui tanaman dan pupuk apa yang cocok untuk kita aplikasikan, kiranya Desa Ulumerah bisa menampilkan produk unggulan melalui Pertanian" Tutup Duma.

Setelah selesainya paparan para narasumber yang hadir, forum berlangsung interaktif dengan dibukanya forum diskusi tanya jawab dari para petani yang antusias bagaimana cara mengoptimalkan tanah dan tanaman pertanian mereka meningkat secara kuantitas dan berkualitas.


Copyright © 2022 Kabupaten Pakpak Bharat. All Right Reserved