Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian Dan Pengembangan Daerah Kab. Pakpak BharatBAPPELITBANGDA
Memacu Pembangunan Infrastruktur dan Ekonomi Untuk Meningkatkan Daya Saing Daerah
Berita
Rabu, 22 November 2023

Satu Perangkat Satu Program Inovasi Daerah

Dalam rangka meningkatkan kinerja pembangunan daerah diperlukan kreativitas dan inovasi khususnya bagi perangkat daerah, pemerintahan desa dan unit-unit pelayanan publik yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. Pemkab Pakpak Bharat melalui Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bappelitbangda) mengadakan Rapat Pembinaan Inovasi Daerah pada Rabu, 22 November 2023 di Aula Bappelitbangda-Sindeka Salak.

Pembukaan yang disampaikan Plt. Kepala Bappelitbangda yang diwakili oleh Sekretaris Badan Bappelitbangda. Pada Tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat termasuk dalam daerah dengan kategori inovatif. "Capaian tersebut harus ditingkatkan mengingat pentingnya inovasi dalam pembangunan. Oleh karena itu, Pemkab Pakpak Bharat mengupayakan pembinaan inovasi daerah dalam berbagai bentuk seperti sosialisasi dan bimbingan teknis". Pengantar sekaligus Membuka Roy Efraim Bancin, SE.

Pemateri yang hadir dalam menyampaikan pembinaan Inovasi daerah ini berasal dari berbagai Instansi. Diawali oleh Ibu Yanita dari Bidang Riset dan Inovasi Bappelitbangda Provinsi Sumatera Utara menyampaikan Peningkatan Pencapain Indeks Inovasi Daerah Kabupaten Pakpak Bharat. "Ada Peningkatan yang signifikan peningkatan Score Indeks Inovasi Daerah dari 29,70 di Tahun 2021 dengan Predikat Daerah Kurang Inovatif, kenaikan Score menjadi 52,35 di Tahun 2022 dengan Predikat Daerah Inovatif, dan Pada Tahun 2023 mampu dipertahankan menjadi Daerah yang Inovatif" Ujar Data yang disampaikan Ibu Yanita Bidang Riset dan Inovasi Bappelitbangda PemprovSu.e

Semangat yang mampu mempertahankan ini harus mampu menjadi penyemangat untuk peningkatan Score dengan menjadi Daerah yang sangat Inovatif. Sejalan yang disampaikan Memapar selanjutnya berasal dari Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri Kemendagri Drs. Aferi Syamsidar Fudail, M.Si. "Data capaian yang disampaikan sebelumnya harus mampu menjadi motivasi seluruh OPD untuk merancang program Inovasi yang sudah menjadi target kita bersama yaitu satu OPD dengan satu program Inovasi." Tambah Drs. Aferi Syamsidar Kepala Pusat Strategi Kebijakan Pengembangan SDM, Teknologi Informasi dan Pemerintahan Dalam Negeri.

Pemateri berikutnya berasal dari Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, Bapak Ajib Rakhmawanto Asisten Deputi Koordinasi dan Fasilitasi Strategi Pengembangan Praktik Terbaik Pelayanan Publik Kemenpan RB. "Mengapa Pemerintah Daerah Perlu berinovasi, hal tersebut bertujuan untuk beberapa poin yakni Dinamika Lingkungan Dinamis, Perkembangan IPTEK Pesat, Daya saing global Kompetitif, Tuntutan masyarakat Kritis, Kepercayaan publik Distrust". Paparan penutup oleh Ajib Rakhmawanto Asisten Deputi Koordinasi dan Fasilitasi Strategi Pengembangan Praktik Terbaik Pelayanan Publik Kemenpan RB.i

Kegiatan Pembinaan Inovasi Daerah yang dilaksanakan secara Hybrid, Narasumber menyampaikan materi Secara Daring dengan aplikasi Zoom dan Peserta tamu undangan hadir secara langsung ataupun daring. Peserta pembinaan Inovasi daerah saat ini difokuskan selain dari OPD yang ada, juga dimotivasi agar setiap Desa, sekolah dan fasilitas kesehatan serta unit teknis Pemda lainnya yang ada di Kabupaten Pakpak Bharat mampu menciptakan program Inovasi Daerah yang mampu menjalankan roda Pemerintahan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


Copyright © 2024 Kabupaten Pakpak Bharat. All Right Reserved