Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian Dan Pengembangan Daerah Kab. Pakpak BharatBAPPELITBANGDA
Memacu Pembangunan Infrastruktur dan Ekonomi Untuk Meningkatkan Daya Saing Daerah
Berita
Selasa, 5 Desember 2023

Monitoring Bantuan Daerah, Pemkab Pakpak Bharat Siapkan Aplikasi Sibantupeda

Dalam rangka percepatan pelaporan data bantuan pada Sistem Informasi Bantuan Pemerintah Daerah (SIBANTUPEDA) Kabupaten Pakpak Bharat, Pemkab Pakpak Bharat melalui Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bappelitbangda) mengadakan Bimtek Sibantupeda pada Selasa, 05 Desember 2023 di Aula Bappelitbangda-Sindeka Salak.

Kegiatan yang dihadiri langsung oleh Perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Unit Pelaksana Teknis OPD, Pemerintahan Kecamatan dan Pemerintahan Desa yang melaksanakan pemberian Bantuan Daerah langsung kepada masyarakat dan kelompok masyarakat Kab. Pakpak Bharat. Bimtek yang dibuka langsung oleh Sekretaris Badan mewakili Plt. Kepala Bappelitbangda ini berlangsung untuk memonitoring seluruh Bantuan Daerah yang telah dilaksanakan.

Tujuan diciptakan Aplikasi Sibantupeda merupakan basis data evaluasi monitoring Pemkab Pakpak Bharat. "kita sudah banyak memberikan bantuan, tapi kita tidak memiliki alat Ukur dalam penerima bantuan, kita harapkan bantuan daerah yang selama ini adalah stimulus, bukan hal yang menjadi utama". Pembuka oleh Sekban Roy Efraim Bancin, SE.

Pemkab Pakpak Bharat berharap agar masyarakat yang telah menerima bantuan daerah nantinya Kedepan bisa mandiri. "yang kita harapkan masyarakat bisa menjadi mandiri nantinya, dan bisa kita optimalkan untuk masyarakat yang belum pernah menerima bantuan. kenapa seperti itu kita tahu bahwa keuangan pemkab terbatas, oleh karena itu, aplikasi ini menjadi evaluasi diri Pemkab apakah memiliki dampak, output dan outcomenya jelas" Lanjut Sekretaris Badan.

Aplikasi tentunya akan berguna, apabila data terinput secara konsisten dan terpenting yang diharapkan seluruh OPD dan Desa menjadikan aplikasi Sibantupeda ini menjadi database kita dalam mengukur jenis bantuan yang telah dan akan diberikan. "Segala kesulitan bisa disampaikan kedalam forum ini, kita berharap kan seluruh bantuan yg ada bisa dimasukan kedalam aplikasi ini" Tutup Sekretaris Badan.

Kegiatan Bimtek yang dimoderatori oleh Kepala Bidang Litbang menyampaikan Aplikasi Sibantupeda ini kita buat sendiri bekerjasama dengan Dinas Kominfo Kab. Pakpak Bharat berbasis NIK. Penerima bisa memanfaatkan bantuan menuju kehidupan yang lebih baik. "Acara ini bimtek ini kita buat karena belum maksimalnya penginputan kedalam aplikasi, makanya kita undang lagi agar lebih intens untuk memanfaatkan aplikasi ini. Apabila ada kendala2 bisa berkonsultasi kepada kita agar bisa terselesaikan". Ujar Kabid Litbang Pakto Anakampun.

Bimtek selanjutnya dilaksanakan sebagai forum diskusi tanya jawab sekaligus praktek langsung dalam menjalankan aplikasi dan proses penginputan data bantuan daerah oleh masing-masing Admin OPD maupun Desa. Sebagai penutup kegiatan Bimtek ini dimeriahkan dengan sebuah rangkaian inovasi adanya Kuis online yang dilaksanakan oleh Panitia.


Copyright © 2024 Kabupaten Pakpak Bharat. All Right Reserved